Sabtu, 18 Januari 2014

Lingkungan dan Kebutuhan Hidup



Lingkungan dan Kebutuhan Hidup

TERKADANG kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya membawa efek terhadap alam lingkungannya. Hutan lindung menjadi pemukimanan, tanah pertanian menjadi industri berakibat pada banjir dan tanah longsor.

Sesungguhnya kerusakan alam dan lingkungan hidup bukan disebabkan oleh penuaan alam itu sendiri justru diakibatkan oleh tangan-tangan yang selalu berdalih memanfaatkannya, yang sesungguhnya justru seringkali mengeskploitasi.

“Kita adalah lingkaran, ketika alam dirusak maka ia akan memperbaruhi dirinya dengan bentuk bencana. Tapi jika kita merawatnya ia akan memperbaruhi dirinya dengan memberikan beragam kenikmatan kepada kita,” tutur Kiai Cilik

“Kerusakan alam yang berdampak pada krisis lingkungan hidup dan menjadi krisis kemanuisaan ini harus menjadi pusat perhatian bagi setiap manusia itu sendiri,” lanjut Santri Cungkring

* * *

Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang- orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat ma'siat?” (QS. Shaad/38: 28)

Komunitas Cahaya – 18/01/14
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: