Jumat, 24 April 2009

Blog Bukan Sekedar Trend


Blogging sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat Indonesia, hal ini diperkuat dengan maraknya kaum muda profesional (mahasiswa) memiliki jejaring internet untuk mengaktualisasikan ide, pemikiran, gagasan, dan mencari uang di Google AdSense. Bahkan setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari Blogger. Antusias tersebut membuktikan bahwa blog menjadi ciri dari perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Blogging adalah suatu hal dari arus perubahan zaman. Mahasiswa merupakan kaum muda intelektual yang memiliki peran sebagai agen perubahan. Pilihan untuk memiliki blog sebagai jejaring antar mahasiswa diseluruh Indonesia merupakan sebuah kebutuhan yang semestinya dapat terwujud.

Tapi akan menjadi pertanyaan, sejauh manakah mahasiswa yang ada di Indonesia memanfaatkan blog? Mengapa diperlukan media blog sebagai jejaring antar mahasiswa?


Sebagai trend yang telah mengejala. Begitulah ungkapan sederhana menilai dari perkembangan mahasiswa memanfaatkan media gratis tersebut. Blog memiliki berbagai manfaat sebagai media curhat, diary, promosi hingga mencari finansial. Fasilitas yang terdapat di blog terdiri berbagai macam selain sebagai ajang kreatifitas dan marketing. Biasanya mahasiswa memanfaatkan blog selain hal tersebut juga untuk saling tukar pendapat memberikan komentar pada tiap postingan dan jalinan persaudaraan di shout box. Namun tergantung bagaimana mahasiswa memaknai manfaat dan fungsi blog. 


Akan menjadi berguna jika blog sebagai suatu media untuk menjalin jejaring antar mahasiswa yang berada di Indonesia atau bahkan mahasiswa di luar negeri. Blog sangat penting untuk membangun rasa persaudaraan. Hal ini diperkuat dengan maraknya mahasiswa mengikuti komunitas blogger. Jika blog menjadi jejaring antar mahasiswa di Indonesia maka akan menjadi wadah komunitas intelektual yang unggul.

Seharusnya blogging tidak hanya menjadi trend untuk sekedar mencari finansial dan aktualisasi diri, namun sangat positif jika menjadi media untuk membangun jejaring antar mahasiswa. Melalui komunitas blog antar mahasiswa, maka nuansa ilmiah akan terbangun, ide dan gagasan untuk perubahan Indonesia yang lebih baik dari kaum muda akan muncul dengan sendirinya. Bahkan akan menjadi tempat untuk saling berbagi informasi atau menjadi media menyalurkan kegemaran mahasiswa di seluruh Indonesia.


Blogging sebagai media jejaring antar mahasiswa dapat terjalin erat bila ditegakan dengan pondasi yang kuat. Peran blogging sebagai pondasi dalam memupuk multikulturalisme dan pluralisme antar mahasiswa di seluruh Indonesia. Jangan hanya memanfaatkan blog sebagai hal yang kurang bermanfaat atau hanya menjadi konsumen dari perkembangan zaman. Blogging berbasis jejaring antar mahasiswa akan menjadi media untuk bangsa yang beradab.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: